FENOMENA HALLYU DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN: ANALISIS BIBLIOMETRIK

The Hallyu Phenomenon and Its Impact on Consumer Behaviour: A Bibliometrics Analysis

Authors

  • Merry Jeanned’arc Korompis Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Christoforus Adrie Pieter Koleangan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik De La Salle Manado

Keywords:

Fenomena Hallyu, Korean Wave, Perilaku Konsumen, Analisa Bibliometrik

Abstract

Fenomena Hallyu yang juga dikenal sebagai Korean Wave mengacu pada popularitas global dan
pengaruh hiburan Korea Selatan, termasuk musik (K-pop), drama TV (K-Drama), film (K-Movie),
K-variety show, mode (K-Fashion), kecantikan (K-Beauty), dan makanan (K-Food). Penelitian ini
bertujuan untuk mengeksplorasi, mengkaji, meninjau artikel-artikel penelitian yang membahas
mengenai hubungan antara fenomena hallyu dan dampaknya terhadap perilaku konsumen dengan
menggunakan metode analisis manual dan bibliometric. Kajian bibliometrik yang dilakukan
didasarkan pada data dari database google scholar selama lima tahun terakhir (2018-2023).
Terdapat 1000 artikel penelitian yang diterbitkan dalam periode tersebut. Penelitian ini meninjau
berbagai bagan seperti Co-authorship analysis, Co-occurrence analysis, Bibliographic coupling
analysis.
Penelitian ini mencoba merangkum perkembangan penelitian berkaitan dengan fenomena hallyu dan
dampaknya terhadap perilaku konsumen untuk bisa memberikan deskripsi singkat kepada para
pemangku kepentingan tentang fenomena hallyu ini terhadap perilaku konsumen. Penelitian ini
diharapkan mampu membantu dan mengembangkan arah penelitian di masa yang akan datang
berkaitan dengan fenomena hallyu dan perilaku konsumen.

 

Downloads

Published

2023-04-28

Issue

Section

Articles